Jumat, 18 Februari 2011

Cara Mengaktifkan GPRS pada Hp
























Kali ini penulis ingin menyampaikan artikel yang berjudul "Cara Mengaktifkan GPRS pada Hp" . Sebelum membahas topik tersebut lebih lanjut, sedikit penulis sampaikan bahwa..pada dasarnya artikel ini hanyalah arsip pribadi penulis saja. Dan mumpung bisa share ama..teman-teman mobile netter..ngak ada salahnya penulis sampaikan hal ini,mengingat informasi ini juga perlu kiranya untuk penulis arsipkan.

GPRS (general packet radio acces) merupakan salah satu jenis jaringan untuk bisa terkoneksi ke internet,khususnya media wireless (nirkabel). Selain GPRS ada juga jaringan 3G ,HSPDA ,dan EDGE yang juga biasanya digunakan untuk terkoneksi ke internet,dalam hal ini lebih dikhususkan melalui device seluler.

Dan saat ini pada umumnya kebanyakan hand phone telah mendukung fitur GPRS untuk terkoneksi ke internet (hp ber-OS JAVA kususnya). Dan untuk mengaktifkan fitur koneksi jaringan GPSS di hand phon JAVA, ada beberapa langkah yang cukup mudah dan mungkin sudah banyak di ketahui oleh para mobile netter. Berikut penjelasan singatnya.

Langkah pengaktifan fitur GPRS bisa di bagi ke dalam dua tahap "settingan". Pertama "Setting Operator Selululer" ,dan yang kedua "setting konfigurasi di hp". 

1. Setting Operator Seluler

Mengenai setting operator seluler..tentunya akan di sesuaikan dengan operator masing-masing. Setting operator ini lebih di khususkan pada hp yang tidak memiliki pengaturan "jalur akses" (gprs) secara manual di hp (karena ada beberapa tipe hp yang memiliki pengaturan jalur akses secara manual, sonyericson contohnya) .Setting operator (setting otomatis) yaitu aktifasi melalui sms. Caranya juga terbagi dua,yaitu "set parameter ponsel" dan "konfirmasi aktifasi"

Set parameter ponsel (contoh pada 3 operator utama indonesia) 

¤Telkomsel= ketik S (spasi) jenis ponsel (spasi) tipe ponsel kirim ke 5432

¤IM3 = Ketik GPRS (spasi) merek hp (spasi) tipe hp kirim ke 3939

¤XL = Ketik GPRS (spasi) merek hp (spasi) tipe hp kirim ke 9667

Sedangkan untuk "konfirmasi aktifasi" adalah:

¤Telkomsel = ketik "GPRS" kirim ke 6616

kusus untuk IM3 dan Xl, konfigurasi GPRS dari operator akan langsung aktif dengan mengirimkan sms set parameter ponsel seperti di atas tanpa perlu "sms konfirmasi artivasi" lagi. Dan satu hal yang perlu di ingat..khusus untuk operator Telkomsel., fitur GPRS akan di aktifkan setelah menunggu selama 2 (dua) hari dengan syarat hp kita dalam keadaan stand by selama masa itu (tidak di non aktifkan). Sms yang dirim operator adalah sms konfigurasi yang berekstensi "prov" (file prov), oleh sebab itu ,seketika sms kedua ini masuk (sms pertama adalah sms balasan berupa pengkonfirmasian awal atas permintaan aktifasi)..segeralah buka sms tersebut dan sistem hp akan membaca sms tersebut sebagai pengaturan jalur akses dengan munculnya pesan yang kurang lebih berbunyi.."simpan pengaturan jalur akses xxxxx ?" . Pilih simpan untuk menyimpan pengaturan.


2. Setting Konfigurasi Jalur Akses (gprs) di Hp

Setelah mendapat sms konfigurasi jalur akser dari operator , itu berarti jalur akses untuk terkoneksi di internet sudah tersedia dan siap di gunakan. Selanjutnya adalah mengatur konfigurasi di hp kita. 

Sebagai contoh yaitu pengaturan di hp Nokia 6300 yang penulis gunakan ini, adalah sebagai berikut:

1. Di MENU hp,pilih menu PENGATURAN --> KONFIGURASI.

2. Di submenu KONFIGURASI terdapat beberapa pilihan, untuk pertama pilih "PENGATURAN KONFIGURASI DEFAULT". Jika setting operator melalui sms yang di kirimkan tadi sudah kita simpan,maka akan tampil nama konfigurasi itu di daftar ini.(indosatgprs/TELKOMSEL/atau Excelcomindo ,contohnya). Pilih sesuai dengan kartu yang kita gunakan.

3. Masih di submenu KONFIGURASI, gulir kebawah dan pilih jalur akses pilihan. Seperti halnya tadi,maka akan ada juga jalur akses yang muncul di sini. Pilih sesuai kartu yang kita gunakan.(Tsel-GPRS contohnya)

4. Untuk bisa menjalankan aplikasi dengan jalur akses dan konfigurasi yang kita pilih tadi, maka pilihan submenu aktifkan default di semua aplikasi ,juga harus pada posisi ya.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas barulah kita bisa menguji konektifitas GPRS hp kita dengan cara menjalankan browser hp kita/ fitur web di hp. Indikator konektifitasnya dapat kita lihat pada icon yang muncul di pojok kanan atas hp kita(pada hp Nokia java akan terlihat tulisan "G" untuk jaringan GPRS dan "E" untuk EGPRS.

Penjelasan yang penulis sampaikan diatas pada dasarnya rincian yang bersifat dinamis ,karena perkembangan tekonologi tentunya..langkah-langkah itu akan selalu menyesuaikan dengan perkembangan ,kususnya spesifikasi hp yang sudah barang tentu akan berbeda pula cara pengaturanya.

Sebagai penutup ..penulis ucapkan terimakasih telah membaca postingan blogger newbie ini. Dan semoga pada postingan berikutnya penulis bisa menyajikan informasi terbaik dari karya penulis sendiri.

1 komentar: